A. Ringkasan Kasus
Kisah Sukses Tirto Utomo dan Sejarah Aqua
Banguninpirasi.com ~ Merek apa yang anda sebutkan jika anda mencari air minum dalam kemasan? Pasti jawabannya Aqua. Ya, Aqua memang pionir untuk produk air minum dalam kemasan. Sukses Aqua hingga seperti sekarang ini tidaklah mudah. Pendirinya, Tirto Utomo telah mengalami masa-masa sulit untuk mengembangkan Aqua di empat tahun pertama perusahaan ini berdiri. Ikuti Kisah Sukses Tirto Utomo beserta sejarah Aqua berikut ini.
Kisah sukses Aqua berawal dari perusahaan yang didirikan oleh Tirto Utomo pada tahun 1973. Perusahaan itu adalah perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang bernama PT.Golden Mississippi. Produk pertamanya adalah Aqua botol kaca 950 ml.
Memang tak mudah untuk menjual air minum di negara yang kaya akan air. Saat itu
masyarakat tidak berpikir untuk membeli air minum karena mereka tak kekurangan
sumber air. Apalagi Aqua saat itu dijual dengan harga yang lebih mahal dari
harga bensin. Tirto Utomo berkeliling dari rumah ke rumah menawarkan
produknya. Namun banyak orang yang menolak untuk membelinya karena setelah
mereka mencoba memang rasanya biasa saja, sama seperti air minum pada umumnya.
Hal itu yang membuat Aqua di tahun 1974 sampai 1978 mengalami masa-masa
sulit.
Namun Tirto Utomo tak menyerah begitu saja. Ia tetap berusaha keras menawarkan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Aqua bagi kesehatan. Akhirnya Aqua mencapai titik BEP pada tahun 1978, atau setelah empat tahun perusahaan tersebut berdiri.
Pada saat itu, produk Aqua ditujukan untuk market kelas menengah ke
atas, baik dalam rumah tangga, kantor-kantor dan restoran. Dan penjualan pun
terus meningkat. Pada tahun 1981, Aqua mengganti kemasan yang semula
berupa botol kaca menjadi botol plastik, sehingga proses distribusi lebih mudah
dan harga pun bisa menjadi lebih murah. Di tahun yang sama, Aqua mengganti
sumber airnya dari air sumur bor ke mata air pegunungan.
Kemudian di tahun 1988, Aqua mengganti kemasan botolnya dengan bahan PET
menggantikan bahan PVC yang kurang ramah terhadap lingkungan. Dan botol dengan
bahan PET yang dibuat Aqua menjadi standar dunia.
Sejak 1987, produk Aqua telah diekspor ke berbagai negara seperti Singapura,
Malaysia, Fillipina, Australia, Maldives, Fuji, Timur Tengah dan Afrika. Berbagai
prestasi dan penghargaan pun didapatkan baik dari dalam negeri maupun luar
negeri.
Pada tahun 1998, Aqua secara resmi bersatu dengan Danone, sebuah
perusahaan asal Prancis. Dan di tahun 2001, Danone menguasai 74% saham Aqua.
Berdasarkan survey Zenith International, sebuah badan survey Inggris, Aqua dinobatkan sebagai merk air minum dalam kemasan terbesar di Asia Pasifik, dan air minum dalam kemasan nomor dua terbesar di dunia.
B. Permasalahan (pertanyaan) :
1. Proses strategi pemasaran melalui beberapa tahapan. Tahap awal dimulai dengan analisis situasi yaitu dengan mengamati keadaan pasar. Menurut Anda apakah perusahaan yang Anda pilih melakukan analisis situasi? Bagaimana implementasinya?
2. Apa yang menjadi dasar segmentasinya? Bagaimana pula Targetting dan Positioningnya? Apa yang membuat produk ini diminati konsumen? Dimana letak keunikannya?
3. Mengapa branding merupakan salah satu keputusan strategik bagi perusahaan tersebut? Beri penjelasan.
4. Jika Anda diminta untuk menjadi CEO perusahaan tersebut, hal-hal apakah yang akan anda lakukan? Apakah Anda akan menjalankan perusahaan dengan berorientasi pada market-based dengan memenuhi kebutuhan pasar?
5. Kemajuan teknologi dan semakin berkembangnya online marketing berdampak pada semakin tidak relevannya personal selling. Era internet berimplikasi pada “the death of salesman”. Setujukah Anda dengan pernyataan ini? Bagaimana dengan perusahaan yang Anda pilih? Jelaskan argumen Anda.
6. Mengapa ada pionir yang gagal dan ada pula yang sukses? Faktor apa yang membedakan keduanya? Apakah kepeloporan pasar (market pioneership) mutlak diperlukan untuk menjamin kepemimpinan pasar jangka panjang ( strategik )? Jelaskan pendapat Anda.
7. Banyak iklan memakai jasa selebriti terkenal sebagai penyampai pesan. Apa manfaat dan risiko celebrity endorsement? Bagaimana memilih selebriti yang cocok untuk sebuah produk spesifik? Jelaskan pendapat Anda.
C. Landasan Teori
A. Tahapan Proses Strategi Pemasaran
1. Tahap Survey
Pada tahap ini dilakukan wawancara kepada target segmen pasar untuk mendapatkan pemahaman terhadap sikap, motivasi, dan perilaku konsumen. Wawancara bisa dalam bentuk kuesioner, di mana data kuesioner yang terkumpul bisa dijadikan informasi atas atribut-atribut yang dibutuhkan.
2. Tahap Analisis
Di tahap ini, data yang mengandung variabel-variabel berkorelasi tinggi dibuang, kemudian dilakukan analisis kelompok untuk menghasilkan jumlah maksimum segmen yang berbeda.
3. Tahap Pembentukan
Di tahap ini dibentuklah kelompok berdasarkan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikologis, psikografis, dan pola media. Dari sifat dominan yang ditemukan pada kelompok tersebut, diberikanlah nama profil pada kelompok segmen itu.
Dasar-dasar Segmentasi
1. Segmentasi Pasar berdasarkan Geografi
Pada segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.
2. Segmentasi Pasar berdasarkan Demografi
Pada segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.
3. Segmentasi Pasar berdasarkan Psikografi
Segmentasi psikografi menelaah bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu stimuli pemasaran.
4. Segmentasi Pasar berdasarkan Sociocultural
Sebagai dasar lebih lanjut untuk segmentasi pasar, segmentasi sosiokultural yang memiliki variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dibagi dalam segmen yang sesuai tahap pada:
· Daur hidup keluarga
· Kelas sosial
· Budaya dan sub budaya
· Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global
5. Segmentasi Pasar berdasarkan hubungan secara ekstrim
Merupakan bentuk efektif segmentasi bagi penggunaan merek, seperti:
· Tingkat penggunaan: beda segmentasi terletak pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna sebuah produk, jasa, atau merek khusus.
· Tingkat kesadaran: kesadaran konsumen pada produk, kesiapan membeli produk, atau apakah konsumen membutuhkan informasi tentang produk tersebut.
· Loyalitas merek: Loyalitas konsumen pada merek dijadikan perusahaan sebagai identifikasi karakteristik konsumen di mana mereka bisa langsung menjadi pendukung promosi ke orang dengan karakteristik yang sama namun dengan populasi yang lebih besar.
6. Segmentasi berdasarkan situasi penggunaan
Kesempatan atau situasi bisa menentukan apakah konsumen akan membeli atau mengkonsumsi. Segmentasi ini dibuat untuk membantu perusahaan memperluas penggunaan produk.
7. Segmentasi berdasarkan benefit
Bentuk segmentasi yang mengklasifikasikan pembeli sesuai dengan menfaat berbeda yang mereka cari dari produk merupakan bentuk segmentasi yang kuat. Sebuah studi yang melakukan pengujian apakah yang mengendalikan preferensi konsumen terhadap micro atau craftbeer, teridentifikasi lima keuntungan strategic brand, yaitu:
· Fungsional (contoh kualitas)
· Nilai uang
· Manfaat sosial
· Manfaat emosi positif
· Manfaat emosi negative
8. Segmentasi hybrid
Segmen ini dibentuk berdasarkan kombinasi beberapa variabel segmen yang membentuk sebuah segmen tunggal. Sebagai contoh segmen geodemografis, sangat berguna untuk menemukan prospek terbaik bagi seorang pengiklan atau pemasar dalam menemukan kepribadian, tujuan, dan ketertarikan dan diisolasikan di mana mereka hidup.
9. Segmentasi Pasar berdasar Tingkah Laku
Segmentasi ini dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau reaksi pembeli terhadap suatu produk.
Definisi Brand/merk
Menurut Lamb, Hair, McDaniel (2001:421) merek atau brand merupakan suatu nama, istilah, simbol, desai, atau gabungan dari keempatnya, yang mengidentifikasikan produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing.
Definisi market-based
Dalam melakukan perdagangan internasional diperlukan pendekatan yang berorientasi pasar (Market based strategy). Paradigma Market Based, selalu mengawali pemikiran dengan melihat pasar terlebih dulu, dengan melakukan analisis lingkungan eksternal (industri) dan dengan melihat organisasi yang dinamis, khususnya terhadap competitors, customers, suppliers dan produk substitusi, dibuatlah strategi bersaing yang diletakan bagaimana memproteksi pasar dengan cara membuat rintangan bagi pesaing agar mengalami kesulitan untuk dapat memasuki pasar (barriers to entry).
D. Analisis Kasus
1. Ya. Implementasinya bermula dari Sejarah Awal Pendirian :
Aqua Group didirikan oleh Almarhum Tirto Utomo, warga asli Wonosobo pada tahun 1973. Tirto Utomo atau Kwa Sien Biauw (lahir di Wonosobo, 9 Maret 1930 – meninggal 16 Maret 1994 pada umur 64 tahun) adalah pengusahaIndonesia. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini dikenal sebagai pendiri Aqua Golden Mississipi pada tahun 1973. Pada 16 Maret 1994, ia meninggal dunia dan dimakamkan di pemakaman warga Tionghoa di dekat Hotel Kresna, Wonosobo.
Padahal sebelumnya Tirto Utomo juga bekerja di Pertamina. Tetapi untuk fokus pada bisnisnya, ia melepaskan pekerjaannya di Pertamina. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai pertamina pada awal tahun 1970-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan.
Awalnya orang sinis dengan ide Tirto Utomo untuk menjual air minum kemasan botolyang harga per botol awalnya sama dengan harga 1 liter bensin Premium. Namun Tirto Utomo yakin, pada masa yang akan datang Indonesia akan kekurangan air bersih yang siap untuk diminum, sehingga idenya ini terus dia lanjutkan dan tidak memikirkan komentar sinis orang. Pada awalnya market Aqua adalah orang-orang asing yang ada di Indonesia, karena mereka yakin air kemasan lebih steril dan aman daripada air tanah dan air PDAM. Dengan mendirikan pabrik air minuman dengan mesin yang canggih di Bekasi, sehingga orang asing lebih percaya dengan minuman air kemasan ini.
Tirto dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan. Ia meminta adiknya, Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan bila pada awalnya produk Aqua menyerupai Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, sampai mesin pencuci botol serta pengisi air.
Awalanya Aqua bernama Puritas, kemudian seorang konsultan Tirto, , Eulindra Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap imej air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46 untuk 1.000 ml.
Aqua berasal dari bahasa Latin yang artinya air, dimana pada awalnya di jual untuk orang asing, tetapi kemudian Tirto Utomo melihat pasar masyarakat Indonesia juga memiliki potensi, sehingga dia menjual air kemasan botol ukuran kecil dan ditempatkan di terminal-terminal bus di Jakarta dan sekitarnya, serta sepanjang jalan pantura Jawa Tengah. Hal ini ternyata sukses, membuat Aqua diminati oleh para supir-supir bus dan penumpang, serta masyarakat lainnya. Hal ini menunjukkan, bahwa masyarakat Indonesia sangat membutuhkan air mineral botol yang bersih.
Kesuksesan Aqua, menarik beberapa perusahaan lain untuk membuat nama di air mineralnya dengan nama Aqua. Bahkan jika kita berniat membeli air mineral kemasan botol, selalu menyebut dengan mau membeli Aqua, padahal yang diberikan kadangkala bukan merek Aqua, tetapi itulah Aqua sudah menjadi brand image yang baik di mata konsumen.
2. Yang menjadi dasar segmentasinya yaitu :
· Di segmentasi geografisnya, Aqua menujukan semua pasar yang ada di wilayah Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, tapi kita juga bisa menemukan produk Aqua di pinggiran kota, bahkan pedesaan.
· Secara demografis, Aqua menargetkan orang-orang di semua kalangan dan jenis kelamin. Produk Aqua diproduksi untuk semua kalangan dan untuk dikonsumsi siapa saja.
· Secara psikografis, Aqua ditujukan untuk kalangan kelas sosial menengah. Tapi bisa juga untuk kelas kalangan bawah mengingat ada harga kemasan yang bisa dijangkau kelas kalangan bawah dengan harga pasar Rp. 500, Rp. 1500 dan Rp. 4500. Selain itu Aqua diperuntukkan bagi orang-orang dengan gaya hidup praktis dan sehat dengan kemasan yang mudah didapat dan dibawa, sehingga Aqua cocok bagi orang aktif dengan mobilitas yang tinggi.
Targetting :
Target pasar pada produk PT. Aqua Golden Missisipi dapat dilihat dari iklan produk tersebut yaitu target pasarnya cenderung kepada masyarakat metropolitan yang aktif dan dinamis. Hal ini dapat terlihat dari visual iklannya yang mayoritas menampilkan pergerakan waktu, tempat, dan orang-orang dari berbagai aktifitas secara cepat. Jika dilihat lebih jauh lagi, berdasarkan jenis kelamin dan umur, target audience dari iklan ini adalah pria dan wanita dewasa serta keluarga. Dapat dilihat bahwa iklan PT. Aqua Golden Missisipi banyak menonjolkan bahwa produk tersebut digunakan dirumah-rumah dan dikonsumsi oleh keluarga. Berdasarkan pendidikan dan pekerjaan, target audiensce-nya adalah orang-orang berpendidikan yang level pekerjaannya menengah ke atas. Begitu juga dari segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat metropolitan yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi minuman yang baik dan sehat untuk tubuh.
Positioning :
Penempatan produk PT. Aqua Golden Missisipi dikenal sebagai Market Leader di bidang air minum kemasan, yang merupakan pelopor dari air minum kemasan. PT. Aqua Golden Missisipi melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh untuk meminum air mineral dalam kemasan botol. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan PT. Aqua Golden Missisipi membuahkan hasil baik, sehingga PT. Aqua Golden Missisipi dikenal sebagai air mineral dalam kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran.
Yang membuat produk Aqua diminati konsumen :
· Nama
Nama AQUA sudah sangat mendukung, selain mudah diingat dan mudah untuk disebut, masyarakat juga sudah tidak asing dengan nama tersebut. Sehingga masyarakat sering membeli air mineral dengan nama AQUA.
· Harga
Harganya yang relatif terjangkau oleh banyak masyarakat.
· Cara memperoleh
Aqua sangat mudah untuk dicari karena penyebarannya dimana-mana, mulai dari warung-warung kecil sampai dengan mall yang besar. Dari tempat makan yang kecil sampai tempat makan yang mewah.
· Cara penyampaian kepada masyarakat
Banyak penyampaian tentang produk Aqua, mulai dari koran-koran, radio, sampai di televisi. Iklan Aqua di televisi juga sangat menarik dan mencerminkan kesehatan, mulai dari pengambilan air sampai penyampaian air ke masyarakat.
· Cara penyajian
Aqua sangat mudah untuk di konsumsi, kita tidak perlu memasaknya lagi dan kita dapat langsung meminumnya.
Keunikan produk Aqua :
· AQUA berasal dari 100% air pegunungan yang mengalir sendiri tanpa dipompa (self flow), sehingga begitu jernih dan mengandung komposisi mineral seimbang. Proses pemilihan mata air dilakukan dengan proses teliti dan hati-hati dengan melalui serangkaian uji geologi, fisika, kimia dan mikrobiologi. Daerah perlindungan air di sekitar sumber air tersebut pun juga selalu dijaga kelestariannya.
· AQUA diproses dengan teknologi tinggi dan penuh kontrol kualitas di setiap titiknya. Ruang produksi dan mesin-mesin senantiasa disanitasi secara rutin. AQUA menerapkan inline system, sebuah sistem produksi yang berkesinambungan tanpa terputus mulai dari pemrosesan air hingga pemasangan tutup dan segel dengan seminimal mungkin sentuhan tangan manusia. Selain itu, tersedia laboratorium dengan peralatan terbaru di setiap pabrik yang akan mengontrol kualitas produk yang dihasilkan. Dengan adanya pemrosesan yang berteknologi tinggi dan laboratorium dengan peralatan lengkap, air terbebas dari bakteri patogen penyebab penyakit.
· AQUA selalu memperhatikan kualitas produknya, mulai dari pemilihan sumber, pemrosesan sampai dengan penanganan produk. Ada standar penyimpanan dan penanganan produk yang harus ditetapkan untuk tetap menjaga kualitas AQUA sampai di tangan Anda. Proses kontrol kualitas inilah yang paling membedakan AQUA dengan air minum lainnya.Standar kualitas AQUA sudah memenuhi standar nasional (SNI) maupun internasional (WHO) sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.
· Setiap membeli Aqua, maka konsumen telah ikut berpartisipasi dalam penyediaan sumber air bersih di Indonesia.
3. Branding merupakan salah satu keputusan strategik bagi PT. Aqua Golden Missisipi karena biasanya dalam pandangan pelanggan semakin baik image atau citra dari suatu perusahaan maka daya beli pelanggan terhadap produk suatu perusahaan juga akan semakin besar. Namun, tidak selalu image atau citra perusahaan yang baik yang selalu dikenal oleh masyarakat, perusahaan dengan image atau citra yang kontroversial juga dapat menarik minat dari masyarakat karena perusahaan akan memakai image atau citra yang kontroversial untuk meningkatkan pemasaran atau marketing mereka. Masyarakat juga cenderung akan lebih mengingat perusahaan tersebut dan akan meningkatkan rasa ingin tahu masyarakat untuk mencoba produk dari perusahaan dengan image atau citra yang kontroversial.
4. Ya, saya akan menjalankan perusahaan dengan berorientasi pada market-based, karena bagi perusahaan merupakan suatu keharusan untuk bertahan hidup di lingkungan yang dinamis dan penuh dengan persaingan. Perusahaan pada kondisi intensitas persaingan yang tinggi sangat diperlukan strategi orientasi pasar, perusahaan dengan orientasi pasar yang minimum akan kalah bersaing dengan perusahaan pesaing.
Dan hal yang akan saya lakukan adalah memperkuat pendekatan Market Driven dan Driving Market. Market Driven merujuk pada orientasi bisnis yang berdasarkan pada pemahaman dan reaksi terhadap pilihan-pilihan dan perilaku pemain di struktur pasar yang ada dan Driving Market Approach mengimplikasikan pengaruh terhadap struktur pasar atau prilaku pasar, dengan tujuan meningkatkan posisi persaingan.
5. Tidak Setuju. Karena sekalipun kita mengerahkan semua jenis instrumen penjualan seperti website, iklan, playbook, sales script, software, brosur, dan sebagainya, tidak akan ada hasilnya jika kita tidak mempunyai “senjata” intelektual dan emosional berikut ini yang sebenarnya lebih menentukan sukses atau tidaknya penjualan kita.
Senjata intelektual tersebut adalah kesabaran, komitmen, antusiasme, keingintahuan, keberanian, integritas, dan keluwesan.
Dan perusahaan yang saya pilih memiliki/menerapkan senjata intelektual diatas.
6. Sebab adanya pionir yang gagal dan pionir yang sukses adalah :
· Orang sukses berani belajar dari kesalahan, sementara orang yang tidak sukses berhenti belajar.
· Orang sukses merangkul angin perubahan dengan suka cita, sementara orang yang tidak sukses takut dengan perubahan.
· Orang sukses bertanggungjawab atas kesalahan yang ia buat, sementara orang tidak sukses menyalahkan pihak lain.
· Orang sukses tidak keberatan berbagi data dan informasi, sementara orang tidak sukses menyimpannya untuk diri sendiri.
· Orang sukses menuliskan tujuan dan target yang ingin ia capai, orang yang tidak sukses justru tidak punya target sama sekali.
· Orang sukses lebih banyak mendengar lalu bekerja, sementara orang yang tidak sukses lebih sering berkoar-koar daripada mendengar.
· Orang sukses ingin kesuksesannya menular ke orang-orang di sekitarnya, sementara orang yang tidak sukses diam-diam mendoakan orang lain untuk gagal.
Kepeloporan pasar (pioneer) mutlak diperlukan karena sangat menentukan kesuksesan sebuah perusahaan atau suatu merek dalam bisnis yang digeluti. Namun kepeloporan pasar tidak menjamin kepemimpinan pasar jangka panjang, karena tidak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa perusahaan atau merek yang masuk belakangan (later entrants) lebih sukses bahkan berhasil mendepak pelopor atau first mover pasar.
7. Manfaat dari celebrity endorsement yaitu :
· Meningkatkan kesadaran merek dalam waktu singkat
· Sikap pergeseran konsumen tentang barang atau jasa
· Tambahan perspektif baru untuk merek
· Meningkatkan manajemen merek
· Memberikan keunggulan kompetitif pada merek
· Menciptakan loyalitas jangka panjang terhadap merek
· Meningkatkan kesadaran budaya pada skala global dengan menggunakan selebriti yang diakui secara internasional
Risiko dari celebrity endorsement yaitu :
Penggunaan endorser dalam sebuah iklan tidak selamanya selalu menguntungkan perusahaan karena potensi risiko yang timbul juga dapat menjadi sebuah pertimbangan tersendiri. Hal tersebut terkait dengan pemberitaan negatif yang mungkin akan timbul terkait endorser tersebut. Sebagai seorang public figure, endorser akan selalu diamati dan menjadi perhatian publik. Segala informasi yang berkaitan dengan endorser akan menarik dan menjadi konsumsi publik (konsumen). Informasi tersebut merupakan pemberitaan tentang endorser. Penelitian menunjukkan bahwa hanya sebagian konsumen bereaksi positif setelah adanya pemberitaan negatif. Pemasar jelas akan menghindari pemberitaan negatif tentang merek mereka maupun endorser yang terkait dengannya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hal ini tidak hanya dapat menyebabkan konsumen untuk memiliki pendapat yang lebih rendah dari selebriti dan mengakibatkan penurunan dalam sikap terhadap merek tetapi juga dapat menyebabkan suatu sikap yang negatif dari merek yang dipromosikannya.
Faktor yang perlu dipertimbangkan perusahaan dalam memilih selebriti sebagai bintang iklan :
1. Kredibelitas Endorser
Hal pertama yang diperhatikan dalam memilih calon endorser adalah kredibelitas dan catatan hidup sang endorser. Memakai figur terkenal yang memiliki nama atau reputasi buruk dalam persepsi masyarakat memang dapat membuat produk yang diiklankan lebih cepat dikenal, namun kemungkinan dampak negatifnya adalah ikut terpengaruhnya image produk menjadi buruk karena citra endorser yang tidak baik atau tidak disenangi masyarakat. Jadi, pilihlah endorser yang catatan pribadinya masih bersih dan dipercaya masyarakat.
2. Daya Tarik Endorser
Semakin kuat daya tarik seorang endorser, maka semakin besar pula pengaruh produk yang diiklankan. Daya tarik bukan harus bernampilan tampan atau cantik, namun juga bisa dilihat dari sisi sifat dan prilakunya, seperti sosok yang humoris, sosok yang cerdas, berkarakter unik, atau sikap lainnya yang disukai masyarakat.
3. Kesesusian Produk dengan Endorser
Belumlah tentu seorang figur yang sedang terkenal dan digandrungi banyak orang akan efektif dan cocok pada semua produk yang diiklankan. Misalnya seorang selebritis yang sering berpenampilan seksi, tentu kurang cocok jika dipakai menjadi endorser untuk iklan produk baju muslimah. Jika hal tersebut dipaksakan, maka daya advertisingnya akan tidak efektif, meskipun orang tersebut sedang sangat populer saat ini.
4. Tidak Menjadi Endorser Produk Lain yang Sejenis
Ada sebuah aturan bagi seorang model iklan agar tidak menjadi model iklan pada produk sejenis dari kompetitor lain, sebelum masa kontrak iklan tersebut habis. Dalam pemilihan seorang endorser, ada baiknya memilih figur yang belum pernah membintangi iklan pada produk sejenis dengan produk kita. Hal tersebut untuk menghindari salah persepsi di masyarakat tentang produk mana yang terbaik. Apalagi jika banyak orang yang sudah mengenal sang endorser identik dengan produk iklan terdahulu. Oleh karena itu, pilihlah endorser yang masih fresh sehingga akan terbangun image produk yang lebih kuat.
E. Kesimpulan
Banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dalam menjalani sebuah usaha. Dan pantang menyerah menjadi kata kunci untuk kesuksesan.
F. Daftar Pustaka
http://lidyanii.blogspot.co.id/2014/10/segmentasi-pasar-pt-aqua-golden.html
http://www.kerjausaha.com/2013/06/tips-memilih-endorser-dalam-periklanan.html
The 6 Best Casinos in Palm Springs - Mapyro
BalasHapusFind the best casino in Palm Springs 태백 출장샵 with pictures 충주 출장안마 and reviews. See 1106 traveler reviews, 164 candid photos, and great deals for Palm Springs at Mapyro. Rating: 4.7 · 906 reviews 보령 출장샵 · Price 안양 출장샵 range: $$$Is the gambling legal in Palm Springs?Is it legal to gamble 제주도 출장안마 in Palm Springs?